Saturday, 17 April 2010

System Restore Windows Server 2003

System Restore adalah sebuah fasilitas yang dibuat oleh Microsoft yang memungkinkan seorang administrator mengembalikan settingan system pada kondisi sebelumnya tanpa kehilangan data pribadi.

System Restore biasanya digunakan ketika Windows yang kita gunakan mengalami kerusakan, baik itu crash app, terkena virus, kesalahan menginstall driver, dll. Karena fungsinya inilah system restore merupakan salah satu fasilitas Windows yang sangat penting.

Pada artikel ini akan dibahas bagaimana menggunakan fasilitas System Restore pada Windows Server 2003. Pada umumnya, fasilitas system restore ini tidak disediakan di Windows Server 2003, karena itu jika kita ingin menggunakan system restore maka kita bisa menggunakan cara di bawah ini:

  1. Untuk memulai silahkan download terlebih dahulu file AddSystemRestore.rar kemudian, siapkan CD Windows XP yang akan kita gunakan lagi.
  2. Ekstrak file sudah kita download tadi
  3. Setelah selesai di ekstrak akan terdapat 2 file hasil ekstrak, yaitu "AddSystemRestoreEntries.reg" dan "sr.inf"
  4. Klik 2x AddSystemRestoreEntries.reg
  5. Masukkan CD Win XP, lalu klik kanan file "sr.inf" pilih install seperti gambar di bawah ini
  6. Kemudia akan keluar window "Files Needed"
  7. Lalu pilih folder tempat penyimpanan file "sr.sys". Arahkan path ke CD Win XP -> I386 -> pilih "sr.sys", seperti gambar di bawah ini :
  8. Tunggu hingga proses selesai, setelah itu system akan meminta windows untuk direstart. Tunggu hingga komputer kembali menyala, kemudian buka Start -> All Programs -> Accesoris -> System Tools. Maka akan terlihat ada opsi System Restore yang dapat kita gunakan seperti halnya pada Windows XP
  9. Selesai, semoga bermanfaat bagi yg membutuhkan
referensi : http://www.windowsreference.com/windows-server-2003/how-to-installenable-system-restore-on-win-server-2003/

No comments:

Post a Comment

Post a Comment